AL FARISY, SALMAN (2022) . Karya Ilmiah Praktek Akhir Strategi Pengembangan Usaha Pembesaran Udang Vannamei (Litopenaeus vannamei) Tambak Intensif Di PT. Pyramide Paramount Indonesia Desa Labuhan Kecamatan Brondong Kabupaten Lamongan Provinsi Jawa Timur. Politeknik Kelautan dan Perikanan Sidoarjo, Sidoarjo. (Unpublished)
![[thumbnail of 1. 26. Salman Al Farisy_KIPA.pdf]](https://repository.poltekkpsidoarjo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. 26. Salman Al Farisy_KIPA.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstract
Udang vannamei merupakan salah satu udang yang mempunyai nilai ekonomis dan merupakan jenis udang alternatif yang dapat dibudidayakan di Indonesia, disamping udang windu dan udang putih. Udang vannamei tergolong mudah untuk dibudidayakan. Tujuan dalam Pelaksanaan Kerja Praktek Akhir ini yaitu Memperoleh pengetahuan dan keterampilan terkait aspek teknik pembesaran udang vannamei (Litopenaeus vannamei) mulai dari persiapan tambak sampai pasca panen. Mengetahui kondisi usaha dari aspek fungsi manajemen di PT. Pyramide Paramount Indonesia. Menganalisis strategi pengembangan budidaya udang vannamei dengan menggunakan analisis SWOT. Metode yang digunakan dalam Kerja Praktek Akhir adalah metode magang. Sumber data berasal dari data primer dan sekunder. Aspek teknis dalam budidaya udang vannamei meliputi tahap persiapan tambak (pembersihan dan pengeringan tambak intensif serta perbaikan sarana dan prasarana tambak), pengisian air tambak, sterilisasi air tambak, penebaran benur, pemberian pakan, pengamatan kualitas air. Faktor internal (kekuatan dan kelemahan) perusahaan yaitu kekuatan usaha meliputi Lokasi pemeliharaan udang yang mendukung, ketersediaan Modal, pendampingan perusahaan pakan, sarana dan prasarana yang memadai. kelemahan kualitas sumber air kurang baik, kontruksi tambak sudah tua, kurang disiplinnya karyawan tambak, produksi kurang stabil. faktor eksternal (peluang dan ancaman) perusahaan yaitu peluang meliputi permintaan udang terus meningkat, lahan sekitar yang masih kosong, pemenuhan pasar regional dan internasional, pemanfaatan masyarakat pesisir sebagai tenaga kerja. ancaman serangan penyakit udang vannamei, fluktuasi harga jual udang, adanya pencurian udang, adanya pembeli yang tidak jujur.Berdasarkan hasil analisis SWOT dengan menggunakan alat formulasi strategi IFE (Internal Factor Evalution) dan EFE (Eksternal Factor Evalution) bahwa usaha pembesaran udang vannamei PT. Pyramide Paramount Indonesia yang ada di Lamongan terletak di kuadran I yang menunjukan kondisi ini mendukung kebijakan pertumbuhan agresif (Growth Oriented Strategy). Strategi yang digunakan dalam mengembangkan usaha ini yaitu strategi SO (Strength Opportunities) dengan mengoptimalkan kekuatan dan memanfaatkan peluang yang ada.
ABSTRACT
SALMAN AL FARISY. Scientific Paper Final Practice Business Development Strategy Vannamei Shrimp Enlargement (Litopenaeus vannamei) Intensive Pond at PT. Pyramide Paramount Indonesia Labuhan Village, Brondong District, Lamongan Regency, East Java Province. (under the guidance of Drs. Djoko Surahmat, M.P. and Zayafika Mareta, M.Sc.).Vannamei shrimp is one of the shrimps that has economic value and is an alternative type of shrimp that can be cultivated in Indonesia, in addition to tiger shrimp and white shrimp. Vannamei shrimp is relatively easy to cultivate. The objective in the Implementation of this Final Practical Work is to obtain knowledge and skills related to aspects of the vannamei shrimp enlargement technique (Litopenaeus vannamei) starting from pond preparation to post-harvest. Knowing the business conditions from the aspect of management functions at PT. Pyramide Paramount Indonesia. Analyzing the development strategy of vannamei shrimp farming using SWOT analysis. The method used in Final Practical Work is the internship method. Data sources are derived from primary and secondary data. Technical aspects in vannamei shrimp farming include the pond preparation
stage (intensive pond cleaning and drying as well as improvement of pond facilities and infrastructure), pond water filling, pond water sterilization, fry stocking, feeding, water quality observation. Faktor internal and eksternal: Supportive shrimp rearing locations, capital availability, feed company assistance, adequate facilities and infrastructure. weakness of water source quality is not good, pond construction is old, lack of discipline of pond employees, production is less stable. external factors (opportunities and threats) of the company, namely opportunities including increasing demand for shrimp, vacant surrounding land, fulfillment of regional and international markets, utilization of coastal communities as labor. the threat of vannamei shrimp disease attacks, fluctuations in the selling price of shrimp, the presence of shrimp theft, the presence of dishonest buyers. Based on the results of SWOT analysis using IFE (Internal Factor Evalution) and EFE (External Factor Evalution) strategy formulation tools, PT. Paramount Indonesia's pyramide in Lamongan is located in quadrant I which shows that this condition supports aggressive growth policies (Growth Oriented Strategy). The strategy used in developing this business is the SO (Strength Opportunities) strategy by optimizing strengths and taking advantage of existing opportunities.
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@poltekkpsidoarjo.ac.id |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 03:47 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 03:47 |
URI: | https://repository.poltekkpsidoarjo.ac.id/id/eprint/333 |