Penerapan Strategi Pemasaran Takoyaki Di PT Insan Citraprima Sejahtera Desa Sekardadi Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban Provinsi Jawa Timur”.

Putri Asri, Laras (2022) Penerapan Strategi Pemasaran Takoyaki Di PT Insan Citraprima Sejahtera Desa Sekardadi Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban Provinsi Jawa Timur”. Politeknik Kelautan dan Perikanan Sidoarjo, Sidoarjo. (Unpublished)

[thumbnail of KIPA_LARAS PUTRI ASRI.pdf] Text
KIPA_LARAS PUTRI ASRI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pada masa perekonomian saat ini persaingan antar perusahaan akan
lebih dituntut untuk mengembangkan usahanya agar menjadi lebih baik untuk
waktu yang akan datang. Mengembangkan usahanya tersebut dibutuhkan
aktivitas pada bidang operasional, pemasaran, keuangan secara baik agar
perusahaan tersebut mencapai tujuan dan target perusahaan. Salah satu hal yang
penting dalam pengelolaan usaha yang baik yaitu dengan merancang strategi
pemasaran yang baik.
Pemasaran adalah suatu sistem dari kegiatan bisnis yang dirancang
untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan
produk yang dapat memuaskan keinginan dalam mencapai tujuan perusahaan
(Stanton, 2013). Strategi pemasaran adalah serangkaian tujuan dan sasaran,
kebijakan serta aturan yang memberi arah kepada usaha-usaha pemasaran dari
waktu ke waktu dari masing-masing tingkatan serta lokasinya (Hartono, 2012).
Pemasaran merupakan bagian penting dari manajemen perusahaan,
karena pemasaran akan mempengaruhi secara langsung terhadap kelancaran
maupun keberhasilan perusahaan dalam mencapai tujuannya. Penting bagi
perusahaan untuk mengetahui strategi pemasaran yang tepat dan sesuai untuk
produk yang dijual di pasaran. Dengan strategi pemasaran tepat dan sesuai maka
produk mudah diterima calon konsumen sehingga calon konsumen membeli
produk yang akan dijual. Selain strategi pemasaran perusahaan perlu mengetahui
posisi produk yang dijual. Posisi disini menujukkan perbandingan mengenai
pangsa pasar dan pertumbuhan pasar dari para pesaingan produk yang sejenis
dari perusahaan lain.

2
Untuk objek Kerja Praktek Akhir adalah industri pengolahan produk
perikanan yang terletak di Kota Tuban tepatnya di PT. Insan Citraprima Sejahtera.
Dimana perusahaan ini memiliki dua jenis pengolahan yaitu pengolahan modern
dengan produk Teri Nasi (Chirimen) dan pengolahan produk value added (VAP).
Perairan Indonesia mempunyai konfigurasi yang amat kompleks yaitu
mulai dari paparan yang dangkal, terumbu karang, gunung bawah laut hingga
palung yang amat dalam. Salah satu bagian dari lautan yang menarik adalah
daerah pantai. Daerah pantai atau daerah pasang surut, dengan berbagai jenis
biota baik yang berupa flora maupun fauna merupakan bagian lautan yang
mempunyai potensi cukup besar dalam penyediaan bahan makanan bagi
kehidupan manusia. Salah satu sumberdaya hayati laut yang belum banyak
diinformasikan adalah jenis-jenis gurita (Octopus sp.).
Masyarakat di Indonesia kini sudah mulai mengenal dan menerima
produk takoyaki, bahkan diperkirakan akan semakin populer. Pada Tahun 2010
terdapat sekitar 357 restoran Jepang yang ada di Indonesia, dengan 300 restoran
di antaranya terdapat di Jakarta. Jumlah ini dapat diperkirakan akan terus
bertambah. Menurut Sakti (2018) kehadiran takoyaki di Indonesia membuat
masyarakat Indonesia tertarik untuk mengonsumsinya karena penyajiannya yang
unik dengan berbagai jenis toping yang disajikan diatas takoyaki dan semua
kalangan baik anak-anak hingga orang dewasa dapat mengonsumsinya. Selain itu
hadirnya takoyaki di Indonesia masuk sebagai makanan tren jepang yang dapat
membawa prestige. Takoyaki di Indonesia mengalami modifikasi komposisi bahan
yang digunakan dalam pembuatannya. Beberapa bahan takoyaki asli Jepang di
Indonesia disesuaikan dengan bertujuan menyesuaikan lidah orang Indonesia
namun tidak merubah cita rasa takoyaki yang khas Jepang tersebut. Melihat
takoyaki sebagai makanan cepat saji yang digemari oleh masyarakat Indonesia,
takoyaki dapat berpotensi sebagai makanan cepat saji yang menyehatkan.

3
Melihat potensi yang dimiliki harus ditindak lanjutkan dengan bagaimana
penerapan strategi pemasaran yang tepat untuk mendukung agar kedepannya
industri pengolahan Takoyaki di PT Insan Citraprima Sejahtera ini maju dan
berkembang. Dari hasil wawancara penulis kepada salah satu karyawan di
perusahaan tersebut bahwa saat ini dalam perbaikan strategi pemasaran.
PT Insan Citraprima Sejahtera selalu mengutamakan kualitas produk
yang dipasarkan, tujuannya adalah menjaga loyalitas konsumen terhadap produk
Takoyaki. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penulis ingin menyusun
Karya Ilmiah Praktek Akhir yang berjudul “Penerapan Strategi Pemasaran
Takoyaki Di PT Insan Citraprima Sejahtera Desa Sekardadi Kecamatan Jenu
Kabupaten Tuban Provinsi Jawa Timur”.

Item Type: Other
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Depositing User: Unnamed user with email admin@poltekkpsidoarjo.ac.id
Date Deposited: 13 Aug 2025 07:57
Last Modified: 13 Aug 2025 07:57
URI: https://repository.poltekkpsidoarjo.ac.id/id/eprint/356

Actions (login required)

View Item
View Item