Nilam Sari, Adinda (2022) STRATEGI PEMASARAN KERUPUK UDANG DI PT. SURYA INTI ANEKA PANGAN PRAMBON SIDOARJO JAWA TIMUR. Politeknik Kelautan dan Perikanan Sidoarjo, Sidoarjo. (Unpublished)
![[thumbnail of 20.5.02.096_Adinda Nilam Sari_AGP.pdf]](https://repository.poltekkpsidoarjo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
20.5.02.096_Adinda Nilam Sari_AGP.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Perikanan seperti halnya sektor ekonomi yang lain, merupakan salah satu
aktivitas yang memberikan kontribusi kesejahteraan suatu bangsa (Fauzi, 2006).
Salah satu produksi perikanan tersebut adalah udang. Udang dapat diolah
menjadi berbagai produk pangan baik sebagai hidangan maupun hanya sebagai
camilan. PT. Surya Inti Aneka Pangan terletak di Jalan Yos Sudarso No 8 Desa
Bulang, Kecamatan Prambon, Bulang, Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur
kode pos 61264. PT. Surya Inti Aneka Pangan ini bergerak pada bidang
pengolahan kerupuk udang. Kerupuk udang pada PT. Surya Inti Aneka Pangan
mempunyai beberapa kualitas bergantung pada komposisi banyaknya udang
yang terkandung dalam kerupuk. Jenis udang yang digunakan dalam proses
pembuatan kerupuk adalah udang vannamei. Oleh karena itu, dibutuhkan strategi
pemasaran dalam mengolah kerupuk udang, sehingga harga jual tetap tinggi.
Untuk memperluas pemasaran produk kerupuk udang maka perlu diketahui cara
pemasaran yang tepat dan hal tersebut perlu diimbangi dengan proses strategi
yang baik. Oleh karena itu, penulis ingin menggali lebih dalam bagaimana proses
strategi pemasaran kerupuk udang di PT. Surya Inti Aneka Pangan.
Visi dan misi yang dimiliki oleh perusahaan yakni untuk visi menjadi sebuah
industri pangan terkemuka yang mengutamakan keamanan pangan produknya
sedangkan misi diantaranya berkomitmen tinggi untuk mengutamakan kualitas
bahan baku yang baik berkomitmen tinggi untuk mengutamakan kualitas bahan
baku yang baik, mengembangkan berbagai macam produk yang memenuhi
standar keamanan pangan, dan meningkatkan perbaikan sumber daya manusia,
proses dan teknologi yang berkesinambungan.
PT. Surya Inti Aneka Pangan bertujuan untuk mendorong produksi kerupuk
Indonesia yang masih tradisional menjadi lebih modern dan mengikuti standar
keamanan dan kualitas internasional.
Pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan dengan 2 jenis cara yaitu
marketing dan sales. Proses marketing memiliki tujuan mengenalkan produk pada
masyarakat yang dilakukan dengan 2 macam metode yaitu offline dan online.
Metode online yang dilakukan oleh perusahaan ialah dengan promosi dan edukasi
pada masyarakat melalui media sosial seperti Instagram dan website serta
marketplace seperti Shopee dan Tokopedia. Sedangkan metode offline dilakukan
dengan menjadi sponsor acara perikanan, mengikuti bazar menjadi peserta dalam
pasar malam kuliner Ramadan.
Penerapan manajemen pada PT. Surya Inti Aneka Pangan terdiri dari,
planning (perencanaan) dengan miliki target segmentation yang luas untuk
menjangkau seluruh kalangan, organizing (pengorganisasian) merencanakan
suatu usaha pemasaran kerupuk udang ini dilakukan dengan membagi tugas
dengan jelas dari masing-masing pekerja, actuating (pergerakan) kegiatan
pemasaran sebelum produk dipasarkan dilakukan dengan buyer melakukan
pemesanan produk dengan menentukan jenis dan kuantitas produk yang
diinginkan. Selanjutnya perusahaan mempersiapkan produk yang sudah dipesan
oleh buyer. Apabila stok di gudang tidak mencukupi untuk pengiriman maka staff
admin akan melakukan PO (purchase Order) ke pabrik terlebih dahulu, dan
controlling (pengawasan) Pada proses pembayaran pembelian produk
perusahaan mengontrol langsung yang dilakukan setiap minggu oleh bagian
keuangan terkait dengan jatuh tempo pembelian atau apabila terjadi
keterlambatan pembayaran.
iii
Segmentasi pasar dari kerupuk udang maupun kerupuk ikan yang
dilakukan oleh PT. Surya Inti Aneka Pangan yaitu berdasarkan pada aspek
demografis telah diterapkan dan dicapai dengan baik di PT. Surya Inti Aneka
Pangan yaitu segmentasi konsumen berjenis kelamin perempuan maupun laki-laki
dengan kalangan usia mulai dari remaja hingga dewasa dengan segmen pasar
utama para penggemar mengkonsumsi kerupuk udang. Selain itu juga dapat
menyasar semua kelas konsumen baik yang berpendapatan tinggi atau rendah.
Positioning yang dilakukan PT. Surya Inti Aneka Pangan adalah selalu berusaha
memenuhi permintaan kebutuhan konsumen sehingga konsumen merasa puas.
Bauran pemasaran atau marketing mix yang terdiri dari 7 p yaitu, product
(produk) PT. Surya Inti Aneka Pangan mendistribusikan kerupuk udang. Produk
yang dipasarkan selain kerupuk udang ada juga kerupuk ikan. Produk kerupuk
udang dikemas dalam kemasan plastik dengan berat 5 kg sedangkan produk
kerupuk ikan dikemas dalam kemasan plastik berukuran kecil 250 gr, price (harga)
PT. Surya Inti Aneka Pangan menetapkan harga kerupuk udang dan kerupuk ikan
menjadi tiga yaitu harga distributor, harga ritel, dan intensif distributor, promotion
(promosi) dari komunikasi word of mouth (promosi dari mulut ke mulut) serta
tersedianya produk pada pasar ritel sehingga memudahkan pembeli untuk
menemukan produk. Promosi dilakukan dengan berbagai cara seperti menjadi
sponsor acara iklan jawa pos, mengikuti bazar serta menjadi peserta dalam kontes
pasar malam kuliner. Bukan hanya itu promosi yang dilakukan secara online
dengan menggunakan berbagai platform media sosial seperti website dan
Instagram serta marketplace seperti Shopee dan Tokopedia, place (tempat)
terbilang strategis karena jaraknya tidak terlalu jauh dari pusat kota dan dekat
dengan jalan raya sehingga mudah dijangkau oleh konsumen, pemilihan
Kabupaten Sidoarjo sebagai tempat usaha dikarenakan lokasinya yang berada di
antara Kabupaten Surabaya Dan Kabupaten Gresik, process (proses) proses
distribusi pemasaran kerupuk udang yang dilakukan PT. Surya Inti Aneka Pangan
yaitu dengan secara langsung maupun tidak langsung, people (karyawan) aktif
meningkatkan kemampuan karyawan dengan mengikutsertakan karyawan dalam
kegiatan pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan oleh pihak eksternal, dan
Physical Evidence (bukti fisik) yang digunakan menggunakan plastik dengan
dilengkapi dengan merek dan pengemasan yang baik serta higienis.
Faktor internal perusahaan yaitu Kekuatan meliputi potensi lahan yang
masih luas, memiliki sarana transportasi pribadi, memiliki perusahaan induk,
varian produk beragam, lokasi usaha strategis. Faktor eksternal perusahaan yaitu
Peluang meliputi Pangsa pasar yang luas masyarakat, Produk jadi kebutuhan
pelengkap makanan, hubungan baik dengan pelanggan, pangsa pasar yang luas,
produk jadi kebutuhan pelengkap makanan.
Berdasarkan analisis strategi pemasaran usaha yang dilakukan dengan
metode analisis SWOT terhadap perusahaan PT. Surya Inti Aneka Pangan,
diketahui bahwa strategi yang digunakan yaitu strategi agresif. Strategi agresif ini
dilakukan dengan mempertahankan persediaan bahan baku agar mampu
memperluas area pemasaran, meningkatkan sarana yang dimiliki perusahaan,
dan harga jual yang murah dapat dipertahankan dengan memanfaatkan akses
lokasi yang mudah dijangkau.
Dari hasil Kerja Praktek Akhir dapat disimpulkan bahwa Strategi
pemasaran yang diterapkan pada PT. Surya Inti Aneka Pangan terdiri dari 2 tahap
yaitu marketing dan sales.
Untuk saran memperluas jangkauan pemasaran dengan mengikuti kontes
pasar malam kuliner dari sponsor maspion square tidak hanya di Surabaya dan
sekitarnya namun juga di wilayah Jawa Timur lainnya dan wilayah luar Jawa Timur
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@poltekkpsidoarjo.ac.id |
Date Deposited: | 15 Aug 2025 07:23 |
Last Modified: | 15 Aug 2025 07:23 |
URI: | https://repository.poltekkpsidoarjo.ac.id/id/eprint/373 |