Asri, Laras Putri (2021) Penerapan Strategi Pemasaran Takoyaki di PT. Insan Citraprima Sejahtera Desa Sekardadi Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban Provinsi Jawa Timur. Politeknik Kelautan dan Perikanan Sidoarjo, Sidoarjo. (Unpublished)
![[thumbnail of KIPA_LARAS PUTRI ASRI.pdf]](https://repository.poltekkpsidoarjo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
KIPA_LARAS PUTRI ASRI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Pemasaran merupakan bagian penting dari manajemen perusahaan, karena pemasaran akan mempengaruhi secara langsung terhadap kelancaran maupun keberhasilan perusahaan dalam mencapai tujuannya. Penting bagi perusahaan untuk mengetahui strategi pemasaran yang tepat dan sesuai untuk produk yang dijual di pasaran.
Masyarakat di Indonesia kini sudah mulai mengenal dan menerima produk takoyaki, bahkan diperkirakan akan semakin populer. Pada Tahun 2010 terdapat sekitar 357 restoran Jepang yang ada di Indonesia, dengan 300 restoran di antaranya terdapat di Jakarta. Jumlah ini dapat diperkirakan akan terus bertambah.
Melihat potensi yang dimiliki harus ditindak lanjutkan dengan bagaimana penerapan strategi pemasaran yang tepat untuk mendukung agar kedepannya industri pengolahan Takoyaki di PT Insan Citraprima Sejahtera ini maju dan berkembang. Dari hasil wawancara penulis kepada salah satu karyawan di perusahaan tersebut bahwa saat ini dalam perbaikan strategi pemasaran.
Adapun tujuan dari pelaksanaan Kerja Praktek Akhir ini adalah untuk mempelajari proses produksi takoyaki, penerapan manajemen pemasaran takoyaki dan menganalisis strategi pemasaran takoyaki dengan metode SWOT di PT. Insan Citraprima Sejahtera.
Metode yang digunakan dalam KPA ini adalah metode magang yang dilaksanakan pada tanggal 1 Maret sampai 7 Mei 2021. Sumber data berasal dari data primer dan data sekunder. Data yang diperoleh melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul diolah melalui editing dan tabulating, kemudian untuk selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan menggunakan analisa SWOT.
Tempat Kerja Praktek Akhir ini terletak di Desa Sekardadi Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban Provinsi Jawa Timur. Letak geografis PT ICS Tuban juga sangat strategis, dekat dengan jalan raya pantura, letaknya pun tidak jauh dari pantai utara Jawa sehingga pendistribusian bahan baku dapat dengan mudah dilakukan, dengan jarak yang tidak jauh dan mudah untuk dilalui sehingga menguntungkan perusahaan untuk dapat menjaga kualitas bahan karena jalur distribusinya mudah.
Proses Produksi
Proses pembuatan takoyaki yang dilakukan di PT. Insan Citraprima Sejahterah mulai dari penerimaan bahan, thawing, pencucian, penimbangan, perebusan gurita, pemotongan daging gurita, pengadonan, penggorengan, pendinginan, pembekuan, pengemasan, packaging, metal detector, dan penyimpanan. Akan tetapi pada tahap metal detector tidak berjalan dengan baik karena mesin metal detecting rusak dan belum ada perbaikan.
Manajemen Pemasaran
Produk Takoyaki dipasarkan secara lokal, ritel market dan horeka. Pasar lokal meliputi LaTuBo (Lamongan, Tuban, Bojonegoro), Pati, Kudus, Demak dan Semarang. Sedangkan ritel market meliputi carefour, transmart, dan modern market. Untuk horeka ini yang sedang berjalan dengan baik yaitu bekerja sama dengan buyer. Pengiriman produk Takoyaki menggunakan mobil container berpendingin. Hal tersebut dilakukan agar mutu produk Takoyaki dapat dipertahankan. Unsur manajemen antara lain Planning, Organizing, Actuating dan Controling.
Bauran pemasaran terdiri dari 4P yaitu Produk merupakan Jenis produk yang terdapat di PT. Insan Citraprima Sejahtera yaitu : Produk, Harga, Tempat dan Promosi. Saluran distribusi yang diambil pada PT. Insan Citraprima Sejahtera adalah Saluran Langsung dan Tidak Langsung. Saluran pemasaran Takoyaki membentuk beberapa pola saluran pemasaran. Pola saluran yang terbentuk meliputi : pola saluran I, pola saluran II dan pola saluran III.
Strategi Pemasaran
Penerapan strategi pemasaran produk takoyaki di PT. Insan Citraprima Sejahtera yaitu Segmentation : menjual produk yang diperuntukkan semua kalangan yaitu anak – anak, remaja, dewasa dan orang tua. Targeting : PT. Insan Citraprima Sejahtera menjual produk Takoyaki yang berkualitas dengan harga Takoyaki Gyukaku Rp 90.000/Kg dan untuk harga Takoyaki Existing Rp Rp 28.500/200gr dan Rp 110.000/Kg. Untuk produk yang lain harga berkisar Rp 15.000 – Rp 25.000/200gr. Positioning : PT. Insan Citraprima Sejahtera lebih mengunggulkan produk Takoyaki yang merupakan produk yang paling sering terjual dan banyak peminat. Produk Takoyaki inilah yang paling ditonjolkan pada PT. Insan Citraprima Sejahtera dengan mengambil target bagi mereka yang menyukai Takoyaki dan restaurant makanan Jepang. Diferentation : PT. Insan Citraprima Sejahtera adalah dengan pemberian label pada kemasan yang berisi netto, tanggal kadaluarsa, alamat produksi, komposisi, cara penyajian, label halal dan barcode. Kemudian di packing ke dalam master carton dengan jumlah 10 pack dengan berat 1.000gram/pack.
Analisis SWOT
Analisis SWOT pada PT. Insan Citraprima Sejahtera terdiri dari beberapa faktor yaitu faktor internal meliputi kekuatan dan kelemahan, serta faktor eksternal meliputi peluang dan ancaman. Berdasarkan hasil analisis faktor internal dan eksternal diperoleh beberapa strategi yaitu stategi S-O meliputi memperluas pasar, meningkatkan kualitas produk dan memanfaatkan SDA seoptimal mungkin. Strategi S-T meliputi menjaga kontinuitas dan kualitas proses produksi dan menjaga manajemen produksi. Strategi W-O meliputi teknologi internet untuk promosi dan pengembangan dan pelatihan SDM. Strategi W-T meliputi meningkatkan ketrampilan dan pendidikan SDM, menjaga efisiensi, efektivitas dan kontinuitas produksi.
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management T Technology > TX Home economics |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@poltekkpsidoarjo.ac.id |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 04:50 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 09:17 |
URI: | https://repository.poltekkpsidoarjo.ac.id/id/eprint/170 |